Kami memenangkan perang melawan korupsi di bawah Jonathan – Kepresidenan

Kepresidenan telah menegaskan kembali bahwa mereka memenangkan perang melawan korupsi di bawah pemerintahan Presiden Goodluck Jonathan.

Dicatat bahwa meskipun mungkin tidak diketahui banyak orang, Presiden Jonathan dan timnya telah bekerja tanpa lelah untuk memberantas korupsi.

Asisten Khusus Senior Presiden Bidang Kemasyarakatan, Dr. Doyin Okupe, mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah pernyataan di Abuja.

“Tidak ada keraguan bahwa Nigeria memenangkan perang melawan korupsi. Ini mungkin tidak segera terlihat bagi mereka yang tidak memahami dinamika penerapan teknik kreatif untuk mengangkat kebiasaan kuno yang telah merugikan negara ini dalam hal sumber daya keuangan; tetapi bagi mereka seperti para pejabat di Transparency International yang memiliki pengetahuan dalam nuansa pemberantasan korupsi, banyak hal yang tercakup,” kata Okupe.

Dia mengatakan pergerakan negara dari posisi 144 pada Indeks Persepsi Korupsi Transparency International tahun lalu ke posisi 136 tahun ini merupakan indikasi yang jelas bahwa banyak yang telah dicapai oleh pemerintahan ini dalam perang antikorupsi.

Dia mengatakan pemeringkatan TI terbaru ini menjadi bukti bahwa upaya Jonathan dalam memberantas korupsi membuahkan hasil yang positif.

Dia berkata: “Tidak ada keraguan bahwa sejak Presiden Jonathan menjabat sebagai Presiden negara ini, perang melawan korupsi telah dilakukan beberapa tingkat lebih tinggi. Tidak seperti pemerintahan sebelumnya dalam sejarah negara ini, pemerintahan saat ini telah memperkenalkan reformasi kelembagaan.

“Salah satu bidang utama di mana perjuangan ini terlihat adalah sektor pertanian di mana Agenda Transformasi Pertanian yang diartikulasikan dan dilaksanakan dengan hati-hati oleh pemerintah mengakhiri 40 tahun korupsi dalam distribusi pupuk kepada petani.

“Hal yang sama berlaku untuk reformasi di pelabuhan di mana kami telah berhasil menutup banyak celah yang dieksploitasi oleh beberapa pejabat korup untuk menunda transaksi bisnis asli dan merugikan ekonomi Nigeria.

“Sistem lama yang korup dalam pengadaan langsung dan distribusi pupuk oleh pemerintah, serta operasi di berbagai pelabuhan dan lembaga pemerintah, berkontribusi tidak sedikit terhadap peringkat negatif Nigeria oleh Transparency International dan pengawas global lainnya.

Tekad Presiden Jonathan untuk memberantas korupsi juga membuat pemerintah mengambil langkah-langkah lain yang jauh, seperti membersihkan sistem pembebasan impor, yang sebelum kedatangannya penuh dengan korupsi, nepotisme, kesewenang-wenangan dan penyimpangan lainnya.

“Akibatnya, miliaran Naira hilang dari ekonomi karena pengusaha sejati tidak dapat memanfaatkannya.

“Padahal yang penting tersangka yang terlibat kasus korupsi diadili, dan kalau terbukti bersalah, dijebloskan ke penjara. Yang lebih penting adalah pengembangan mekanisme, pembentukan struktur dan implementasi kebijakan yang akan menutup celah dan mendorong transparansi, sehingga kecenderungan korupsi menjadi lebih sulit dan dihilangkan sama sekali.”

Itu, katanya, adalah apa yang dilakukan pemerintahan Jonathan dan itu adalah pola yang diadopsi oleh negara-negara seperti Denmark dan Selandia Baru, yang berada di puncak indeks TI.


Pengeluaran SGP

By gacor88