Kereta bawah tanah Seoul kembali normal setelah pemogokan berakhir

1 Desember 2022

SEOUL – Operasi kereta bawah tanah Seoul kembali ke kapasitas penuh pada Kamis pagi setelah kesepakatan larut malam oleh manajemen untuk membatalkan rencana pengurangan staf mengakhiri pemogokan.

Namun, beberapa bagian Jalur No. 1, 3 dan 4 mungkin tidak beroperasi dengan kapasitas penuh karena adanya tindakan work-to-rule yang dilakukan secara terpisah oleh serikat pekerja dari Korail, operator sistem kereta bawah tanah lainnya di Greater Seoul.

Pekerja di jalur nomor 1 hingga 8 melakukan pemogokan karena rencana pengurangan staf dengan tidak mengganti pekerja yang pensiun. Operator kereta bawah tanah membatalkan rencana tersebut dalam perjanjian pekerja-manajemen tahun 2021.

Perusahaan Transportasi Seoul yang dikelola pemerintah, operator kereta bawah tanah utama Seoul, setuju untuk membatalkan seluruh rencana tersebut sekitar tengah malam pada hari Rabu, setelah sekitar empat jam negosiasi manajemen tenaga kerja di kantor pusatnya di Seongdong-gu, bagian timur Seoul.

Perjanjian tersebut juga mencakup peningkatan personel terkait keselamatan, dan kenaikan gaji sebesar 1,4 persen. Sejauh ini belum ada kenaikan gaji pada tahun ini.

Berdasarkan perjanjian tersebut, kedua pihak akan mencari cara untuk mengurangi kerugian dari skema perjalanan kereta api gratis bagi mereka termasuk warga lanjut usia, salah satunya dengan merevisi peraturan untuk memobilisasi lebih banyak dana pemerintah untuk mengimbangi kerugian tersebut. Mereka juga berjanji untuk meningkatkan keselamatan kerja bagi pekerja kereta bawah tanah.

Kesepakatan itu dicapai tak lama setelah layanan transportasi umum terkena dampak paling parah pada malam hari karena berkurangnya pasokan, meskipun Seoul Transportation Corp. Pada hari Rabu, pekerja darurat dikerahkan untuk menjaga layanan tetap berjalan.

Pada puncaknya sekitar jam 7 malam pada hari Rabu, kereta mengalami penundaan setengah jam di Jalur 1 dan 2. Sebuah kerusakan kecil yang dilaporkan pada kereta di Jalur 3 menambah gangguan tersebut.

Pemadam kebakaran di Guro-gu, Seoul, yang mengawasi salah satu stasiun kereta bawah tanah tersibuk di Seoul, Sindorim, menerima dua panggilan darurat pada pukul 19:15 tentang masalah keselamatan karena kepadatan yang berlebihan karena berkurangnya layanan, namun tidak ada insiden yang dilaporkan.

Berkurangnya layanan pada hari Rabu dapat diprediksi, karena Seoul sebelumnya memperkirakan tidak lama setelah pemogokan, jumlah kereta akan berkurang 15-30 persen mulai pagi hari.

Ini merupakan perkembangan terkini dalam aksi industrial besar-besaran di negara ini. Para pengemudi truk barang yang berserikat memasuki hari kedelapan aksi mogok kerja mereka pada hari Kamis yang menyerukan perpanjangan kebijakan tarif angkutan minimum yang dijamin bagi pengemudi truk. Namun, langkah tersebut dilakukan pada hari Rabu di tengah ancaman pemerintah untuk mencabut kebijakan tarif dasar jika pengemudi truk yang tergabung dalam serikat pekerja menolak perintah eksekutif untuk kembali bekerja.

Sementara itu, serikat pekerja kereta api di bawah Korail dijadwalkan melakukan pemogokan pada hari Jumat karena perbedaan pendapat antara manajemen buruh mengenai upah.

Perwakilan dari Seoul Transportation Corp. pekerja dan manajemen yang tergabung dalam serikat pekerja berfoto sekitar Kamis tengah malam untuk merayakan perjanjian buruh-manajemen. (Perusahaan Transportasi Seoul)

sbobet terpercaya

By gacor88