Pengunjuk rasa Covid-19 di Tiongkok menghadapi sensor dan pengawasan

30 November 2022

BEIJING – Permainan kucing-kucingan antara pengguna internet dan badan sensor di Tiongkok semakin memanas dalam beberapa hari terakhir seiring kemarahan masyarakat terhadap kebijakan keras terkait Covid-19 yang diterapkan di negara tersebut, sementara pihak lain harus berhadapan langsung dengan pengawasan yang dilakukan negara tersebut. perangkat ditemukan.

Akhir pekan lalu, ketika beredar video tentang kebakaran apartemen di Urumqi, ibu kota Xinjiang, yang menewaskan 10 orang, banyak orang di seluruh negeri yang secara mendalam mengidentifikasikan diri dengan kejadian tersebut. Rekaman dari blok tetangga menunjukkan bahwa upaya penyelamatan tampaknya terhambat oleh tindakan Covid-19 dan penduduk dicegah untuk melarikan diri karena kawasan tersebut dikunci.

Di negara yang puluhan ribu kawasan pemukimannya dikunci untuk mengatasi peningkatan kasus Covid-19, kebakaran ini terasa seperti ketakutan terburuk mereka menjadi kenyataan.

Namun mereka yang menggunakan media sosial untuk berbagi pemikiran mereka mendapati postingan tersebut dihapus setelah beberapa jam. Pada Jumat malam, setelah pejabat Urumqi membantah bahwa para korban dihalangi untuk melarikan diri dan malah menyalahkan warga karena rendahnya keterampilan bertahan hidup, kemarahan atas insiden tersebut semakin memuncak, namun kritik apa pun segera dihapuskan.

Saat itulah netizen mulai berkreasi.

Beberapa orang membagikan seluruh artikel yang hanya terdiri dari satu kata – karakter China untuk hao (“baik”), untuk mengungkapkan kemarahan mereka terhadap sensor. Ketika dihapus, mereka beralih ke kata lain seperti “buruk”, “tidak baik atau buruk”.

Yang lain akan menggunakan kutipan dari para pejabat seperti mantan pemimpin Deng Xiaoping, yang berbicara tentang keterbukaan Tiongkok; kutipan dari Xi Zhongxun, ayah dari Presiden Xi Jinping, yang berbicara dalam pidatonya tentang mengajak orang untuk berbicara; dan klip juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying yang mengecam media asing karena tidak melaporkan “fakta dan kebenaran” tentang Xinjiang. Klip Hua kemudian dihapus.

Tiongkok memiliki pasukan sensor – baik manusia maupun bot – yang mengawasi internetnya, namun Tiongkok juga berada dalam “Great Firewall”, yang melarang situs web seperti Google, Twitter, dan bahkan Instagram. Situs web Straits Times juga tidak dapat diakses.

Banyak yang memanfaatkan kekosongan informasi melalui jaringan pribadi virtual untuk terhubung dengan dunia luar, yang secara teknis merupakan kejahatan di Tiongkok. Platform media lokal sangat disensor dan netizen sering kali berusaha menjaga konten tetap online selama mungkin, baik dengan mengambil tangkapan layar konten tersebut dan memposting ulang, atau dengan menyematkan video di file lain.

Istilah penelusuran tertentu secara otomatis diblokir, seperti istilah yang mengacu pada peristiwa sensitif. Namun peristiwa yang terjadi dengan cepat, seperti kebakaran Urumqi, menyebabkan filter yang telah ditentukan sebelumnya mungkin tidak berfungsi, artinya seseorang bergantung pada sensor manusia untuk meninjau dan menghapus postingan secara manual.

Akhir pekan lalu, setelah acara peringatan untuk para korban kebakaran di Shanghai berubah menjadi protes, gambar-gambar pertemuan tersebut awalnya muncul di media sosial Tiongkok. Namun seperti yang ditunjukkan oleh badan sensor, hal ini juga dengan cepat dihapuskan.

Menurut China Digital Times, sebuah situs web yang melaporkan di internet Tiongkok, sebagian besar konten yang terkait dengan protes telah dihapus, termasuk gambar seorang wanita yang mengenakan masker dengan tulisan “404” – mengacu pada ‘ tautan yang telah dihapus – tertulis di atasnya. Esai berjudul Jangan Takut, Anak-Anak juga ditarik dari aplikasi perpesanan populer, WeChat.

Tampaknya sebagian besar sensor dilakukan di WeChat.

Para pengunjuk rasa di Beijing dan Shanghai mengatakan kepada The Straits Times bahwa akun mereka telah menerima peringatan setelah membagikan konten protes.

Seorang eksekutif media, yang hanya ingin dikenal sebagai Jess, mengatakan dia menerima peringatan setelah membagikan gambar dan video yang mendukung protes hari Sabtu di Shanghai.

“Akun saya telah ditangguhkan selama seminggu, jadi saya tidak dapat berpartisipasi dalam obrolan grup atau memposting momen WeChat saya (fitur seperti timeline Facebook),” katanya tentang aplikasi perpesanan yang aman.

“Beberapa teman saya yang lain tidak seberuntung itu, mungkin mereka berbagi lebih banyak informasi, itulah sebabnya mereka mendapat telepon dari polisi setempat.”

Orang-orang yang berunjuk rasa di Beijing pada 28 November 2022 memprotes pembatasan ketat Covid-19 di Tiongkok dan mempertanyakan bagaimana kebakaran apartemen mematikan di Urumqi, Xinjiang, menewaskan 10 warga. FOTO: AFP

Pada bulan Oktober, banyak orang juga mendapati akun WeChat mereka diblokir atau ditangguhkan setelah berbagi foto dan video protes di Jembatan Sitong di Beijing. Beberapa bahkan terpaksa memposting “pengakuan publik” di akun seperti Twitter, Weibo, dan memohon agar akun mereka dikembalikan – aplikasi super ini merupakan bagian integral dari kehidupan di Tiongkok, mulai dari komunikasi, pembayaran, hingga kode kesehatan yang diperlukan untuk masuk ke masyarakat. spasi.

Orang lain yang ambil bagian dalam demonstrasi hari Minggu di Beijing juga yakin bahwa mereka dilacak oleh aplikasi di ponsel mereka.

Seorang manajer periklanan yang pergi ke acara tersebut bersama tiga orang lainnya dipanggil oleh polisi pada hari Senin. Dia mengatakan dia tidak melakukan konfrontasi apa pun dan tidak memberikan rinciannya kepada siapa pun.

“Setelah panik beberapa saat, saya menenangkan diri dan berunding dengan teman-teman yang semuanya mengira saya mungkin menjadi sasaran karena saya menggunakan ponsel saya untuk menelepon mobil di aplikasi ride-hailing untuk sampai ke lokasi,” ujarnya.

“Kami selalu mengetahui bahwa aplikasi seperti WeChat dipantau karena terkadang konten sensitif dapat hilang atau tidak diteruskan, namun dalam kasus ini, hal ini lebih luas dari itu. Sekarang kita tahu.”

Data Pengeluaran Sydney

By gacor88