Xi bertujuan untuk reunifikasi secara damai – Asia News NetworkAsia News Network

3 Januari 2019

Xi Jinping menginginkan reunifikasi Taiwan di bawah model satu negara dua sistem.

Tiongkok harus dan akan bersatu kembali, kata Presiden Xi Jinping pada hari Rabu, memperingatkan terhadap campur tangan eksternal dalam masalah Taiwan.

Xi, yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok dan ketua Komisi Militer Pusat, menyampaikan pernyataan tersebut pada sebuah pertemuan di Beijing untuk memperingati 40 tahun Pesan kepada Rakyat di Taiwan.

Urusan rakyat Tiongkok harus diputuskan oleh rakyat Tiongkok, kata Xi, sambil menekankan bahwa masalah Taiwan menyangkut kepentingan inti Tiongkok dan ikatan nasional rakyat Tiongkok. “Kami semua berasal dari keluarga yang sama. Masalah lintas Selat adalah masalah dalam negeri dan seharusnya diselesaikan melalui diskusi dan konsultasi di antara kita sendiri,” kata Xi.

Fakta sejarah dan hukum, bahwa Taiwan adalah bagian dari Tiongkok dan kedua sisi di seberang Selat Taiwan adalah milik Tiongkok yang satu dan sama, tidak akan pernah dapat diubah oleh siapa pun atau kekuatan apa pun, kata Xi.

Reunifikasi Tiongkok tidak merugikan kepentingan sah siapa pun, termasuk kepentingan ekonomi di Taiwan, kata Xi.

Hal ini hanya akan membawa lebih banyak peluang pembangunan ke negara-negara lain, menyuntikkan lebih banyak energi positif ke dalam kemakmuran dan stabilitas kawasan Asia-Pasifik dan dunia, serta memberikan kontribusi yang lebih besar dalam membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, ujarnya.

Xi mengatakan prinsip “reunifikasi secara damai” dan “satu negara, dua sistem” adalah pendekatan terbaik untuk mewujudkan reunifikasi nasional.

Atas dasar jaminan kedaulatan, keamanan dan pembangunan Tiongkok, sistem sosial dan cara hidup di Taiwan akan dihormati sepenuhnya, dan kepemilikan pribadi, keyakinan agama serta hak dan kepentingan sah warga negara Taiwan akan dilindungi sepenuhnya setelah reunifikasi damai terwujud. adalah, kata Xi.

Xi mengimbau masyarakat Tiongkok di kedua sisi Selat Taiwan, serta warga Tiongkok perantauan, untuk bekerja sama demi kebaikan bangsa Tiongkok dan mengikuti arus sejarah dengan bersama-sama mengupayakan perdamaian, mendorong pengembangan hubungan lintas-Selat. dan proses reunifikasi Tiongkok secara damai.

Selama prinsip satu Tiongkok ditegakkan, tidak akan ada hambatan dalam pertukaran antara partai dan kelompok politik di Taiwan dan Tiongkok daratan, kata Xi.

Liu Jieyi, kepala Kantor Kerja Taiwan dari Komite Sentral CPC dan Kantor Urusan Dewan Negara Taiwan, mengatakan bahwa dalam beberapa dekade terakhir, pertukaran politik, ekonomi, budaya dan personel lintas selat telah diperkuat, dan daratan telah menjadi pasar terbesar Taiwan. dan tujuan investasi utama di luar pulau.

Pada Hari Tahun Baru 1979, Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional mengeluarkan pesannya kepada rekan senegaranya di Taiwan, menguraikan kebijakan penting untuk membantu mewujudkan reunifikasi negara secara damai.

Pesan tersebut menegaskan kembali bahwa sikap tegas satu Tiongkok dan penolakan terhadap Taiwan yang merdeka adalah dasar kerja sama lintas selat.

link alternatif sbobet

By gacor88